Rabu, 18 Juni 2014

Cara Bermain Drum untuk Pemula

Hehe,, iseng aja sih ngeposting yang ini. Tapi moga bermanfaat deh.
Maen drum itu asik loh, pas banget kalo buat ngeluapin emosi dan perasaan kita (malah curhat).
Aku ga jago maen Drum kok, cuma pengen bagi pengalaman ajah. Aku tu suka musik, suka banget. Selalu pengen bisa maen semua alat.hehe, Makanya selalu belajar dan belajar mainin alat2 itu.

Nah, waktu aku pengen bisa ngedrum. Bingung juga sih ? Alat ? Mana alat ? hehe gak ada drumnya, gak punya uang cukup buat beli, mau les juga sayang banget ama duitnya( makhlum kebutuhan laen masih banyak). Makanya aku bikin alat sendiri, konyol sih. Kenapa konyol ? Aku cuma manfaatin barang bekas yang aku susun sedemikian rupa menyerupai susunan drum pada aslinya dan itupun suara yang dihasilkan gak bisa mewakili suara drumnya. Hiks, gak nyerah juga sih.

Karna aku cewek dan dikamarku tu banyak wadah bekas perawatan, misal wadah handbody, lulur, face cream, dll. Nah aku pake wadah-wadah bekas itu. Lah, bener-bener gak mewakili suara aslinya kan ? Pesimis ? Nggak, aku ga nyerah. Aku bayangin alat yang aku buat itu tu drum asli dan aku hafalin suara yang dihasilkan sama setiap bagian drum aslinya. Mukulnya pun ga pake stick, cuma pake pensil. Nah, waktu dipraktekin pake drum aslinya jadi udah ga kaget dan bingung lagi.

Meskipun gak jago, tapi bisa dibilang lumayan lah, aku udah pernah main drum buat ngiringin lagu di suatu acara. Cuma satu lagu sih.Bangga dikit. Hehe.. Ya gitu lah, intinya apapun halangannya kalau udah ada niat buat belajar pasti bisa kok.

Ya udah, daripada kelamaan curhat, nih aku bagiin teknik-teknik dasarnya ;

1. Memegang dan memukul drum
  • Teknik Match Grip 
          Teknik sering digunakan pada drummer profesional. Untuk pemula cobalah memakai teknik karena teknik akan menghasilkan power yang keras dan usahakan memukul bagian tengah snare drum dengan tempo yang konstan. Berlatih terus dengan teknik ini agar bisa menghasilkan tone yang bagus dan tidak terdengar kasar.
  • Teknik Tradisional Grip 
          Teknik ini sering digunakan pada lagu-lagu soft atau lembut karena suara yang dihasilkan tidak terlalu keras tetapi lembut didengar.

Memukul drum ;

  • Rimshot  
          Teknik dimana kamu gak mukul bagian tengahnya aja tapi juga memukul bagian rimnya atau bagian tepinya. Dengan cara ini suara yang dihasilkan akan jauh berbeda. Biasa nya sih dipakke para drummer rock. Teknik akan membuat stick akan cepat mudah patah dan bagian tengah-tengahnya akan berserabut ( yYYaaahhhhh!!)


2. Menginjak pedal drum dan hi hat drum


  •  Teknik pedal menggunakan ujung kaki 
           Teknik ini sangat efektif digunakan untuk lagu yang bertempo cepat karena power yang dihasilkan lebih keras. Teknik ini juga bagus bagi para pemula karena tone yang dihailkannya akan lebih jelas. Begitu juga pada hi hat, kita akan lebih mudah mengatur tempo hi hat apabila menggunakan teknik ini.
  • Teknik pedal flat Teknik ini menghasilkan suara yang tidak terlalu keras karena kaki akan menempel pada pedal drum. Teknik ini biasa digunakan pada lagu-lagu santai.

Double pedal adalah dimana drum set memiliki 2 pedal drum. Double pedal sering kita dengar dalam musik rock, metal, dan scream. Fungsi double pedal adalah untuk menjaga stamina dan juga untuk melincahkan kaki terhadap pedal. Dalam double pedal ada 2 teknik yaitu hell up ( tumit diangkat ) dan hell down ( tumit tidak diangkat ). Diantara 2 teknik itu, teknik hell up adalah salah satu teknik yang pass untuk menggunakan double pedal. Usahakan dalam bermain double pedal, badan tidak terlalu kebelakang tetapi harus tegak agar tubuh tidak kehabisan stamina dalam menopang badan. Kendalanya double pedal adalah tidak seimbangnya suara pedal kiri dengan yang kanan, tapi jangan jadikan masalah. Salah satu caranya adalah menggantikan posisi drum atau jika kamu punya twin pedal, tidak usah repot-repot membalikkan posisi drum.

Semoga Bermanfaat ! 

Lihat juga  Cara Cepat Jago Bermain Gitar untuk Pemula klik disini dan untuk melihat Cara Benar dan Cepat Jago Main Gitar Bass Untuk Pemula klik disini !

2 komentar: