Rabu, 18 Juni 2014

Cara Benar dan Cepat Jago Main Gitar Bass Untuk Pemula

Gitar bass merupakan salah satu instrumen musik yang sangat penting peranannya dalam memberikan nuansa alunan musik dengan nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo nada.

Sebelum kita belajar gitar bass, ada baiknya jika kita sudah bisa bermain gitar terlebih dahulu. Untuk belajar gitar kalian bisa klik disini.

Teknik dalam bermain gitas bass sebenarnya sama dengan gitar biasa yaitu ;

1. Strumming Technique yaitu teknik pemetikan gitar.
2. Scale Technique yaitu peta nada antara fret 1 ke fret yang  lainnya
3. Chord Technique yaitu gabungan dari dua nada atau lebih dalam satu suara

Ya udah gak usah lama-lama. Langsung ke cara mainnya aja ya. Yukks !

Ini adalah gambar gitar bass 
 Seperti yang dapat kita lihat, gitar bass mempunyai 4(empat) senar.














loss senar 1 adalah nada G
loss senar 2 adalah nada D
loss senar 3 nada A
loss senar empat nada E







Nah dibawah ini merupakan permulaan not pada kunci minor

Kalau yang ini adalah chord gitar bass lengkapnya




Instrument bass
Seperti gitar, bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suaranya. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut.
Meskipun bass akustik ada, tapi mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik dan memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.

Nah kalau udah tau chord gitar bass nya, yang perlu diketahui adalah teknik memainkannya . Simak deh !
 
1. Alternate Picking

Teknik ini yang paling sering digunakan oleh para bassist, karena alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.
2. Up Down ThumbDalam teknik ini kita gunakan jempol kita sebagai pick, sedang keempat jari2 yang lain kita pake buat memetik, mirip kayak bermain gitar lah… Jadi kalo biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah buat metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.
3. SlappingTeknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu.  Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini..
4. PoppingTeknik menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, jadi suaranya nyaring kayak dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa gabungin teknik slapping dan popping, ntar kombinasi suaranya jadi unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.
5. TappingTeknik ini biasa digunakan pada gitar, tapi ngebasspun bisa pake teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.
6. Neck BendingKalo dalam gitar kita mengenal teknik bending yaitu mengangkat senar dengan ujung jari, tapi kali ini kita lakukuin itu pada bass. Caranya: pada saat kita memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem), ntar bunyi yang dihasilkan seperti mendengung. Pak Billy Sheehan bassistnya Mr. Big sering pake teknik ini.
Dalam memainkan teknik2 diatas kita butuh orang yang mengerti buat memandunya agar bisa dilakukan dengan baik. Sering berlatih dan berguru pada ahlinya akan membantu menyempurnakan permainan kita. Karena jika salah dalam menerapkan tekniknya maka suara yang dihasilkan akan beda.
Perhatikan juga posisi tangan, gunakan power pada pergelangan tangan, jangan pada lengan. Ingat, sering2lah melakukan senam jari buat pelemasan dan fingering agar gak terjadi cedera pada jari.

Nah gimana guys ? Udah paham ?
Tips dari saya ; seringlah degerin suara bass di sebuah musik, pahami tekniknya dan coba praktekkan.

SELAMAT BERLATIH !!! :) 

Lihat juga  Cara Bermain Drum untuk Pemula , klik disini

16 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih udah baca blog saya. maaf komen dg akun lain, lupa password blognya

      Hapus
  2. Balasan
    1. cara belajar gitar udah saya posting mas juga mas. semoga bisa membantu ya .terima kasih. http://blognyawasita.blogspot.co.id/2014/06/trik-dan-cara-mudah-belajar-gitar.html

      Hapus
  3. siap komandan. saya akan langsung praktekan di kamar mandi...ehh maaf, maksud saya di kamar studio

    BalasHapus
  4. makasih gan membantu bgt ni,
    baca juga cara mudah memainkan gitar untuk pemula hanya dengan cara mengunjungi link di bawah ini
    http://dalipmusik.blogspot.com/p/header-background-colorblue-colorwhite.html

    BalasHapus
  5. bagus postingan di atas, jika ingin belajar membaca not balok kunjungi: musikseputar.blogspot.com saya undang pemilik blogspot ini secara khusus. Silakan main ke blogku

    BalasHapus
  6. trimakasih gan sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat sekali
    thank's buat tipsnya,,

    BalasHapus
  7. OK BANG SAYA,MQU TANYA NIH APA DOREMI FASOLASIDO ITU MEMANG PENTING TAPI BAGAIMANA SIH CARA MAININ LAGU SEPERTI KAYAK ASLINYA,YAH ADA VARIASINYA SIH,nah apa tuh solusi abang

    BalasHapus